GBWC Guide

INFORMASI UMUM

Mengikuti sebuah lomba bisa jadi pengalaman yang menegangkan jika belum tahu proses dan cerita garis besarnya.
Halaman ini akan membahas apa saja yang akan kamu hadapi dan alami ketika mengikuti GBWC dari Bandai.

[masih dalam proses menambah informasi]

PENYELENGGARA

GBWC di Indonesia tidak diselenggarakan langsung oleh Bandai. Acara ini diselenggarakan bergantung dengan pihak yang bekerjasama dengan Bandai. Sebelumnya adalah dengan PT.MAP (Kidz Station). Sekarang dengan Multi Toys.

LOKASI

Acara GBWC selama ini biasanya diselenggarakan di 2 kota saja. Yaitu Jakarta dan Surabaya.
Jadi bagi builder yang berada diluar lokasi ini, kalian diwajibkan untuk mengikuti GBWC di antara 2 kota diatas.

Lokasi biasanya berada di dalam mall. Dengan layout lemari peserta GBWC, panggung, dan area toko jual beli dari penyelenggara.

KATEGORI PENILAIAN

Ada beberapa kategori penilaian ketika mengikuti GBWC. Kategori ini adalah penilaian umum.

CRAFTMANSHIP

Keterampilan dalam mengolah bahan atau modifikasi part menjadi salah satu hal yang dinilai dalam GBWC.

• Hal termudah untuk menunjukkan keterampilan adalah dengan menghilang sisa potong (nubmark) yang berada pada part. Jika sisa potong terlhat, maka Anda akan kehilangan point. Keterampilan untuk menghasilkan potongan rapi merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai.

• Sebelum melakukan proses modifikasi lebih jauh, disarankan untuk merakit kit secara utuh terlebih dahulu.
Para juri akan melihat dan menilai kit dari semua sudut. Pastikan semua area sudut pandang yang terlihat sudah rapi.

• Dari pengalaman GBWC sebelum-sebelumnya, modifikasi detail yang sederhana tetapi rapi, mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada modifikasi yang banyak tetapi tidak rapi.

• Rencanakan semua modifikasi ataupun hasil akhir yang ingin dicapai dengan melakukan sketsa gambar hasil dari kreatifitas sendiri.
Hindari proses mencari ide dengan melihat contoh mecha dari franchise lain diluar Bandai. Jika juri merasa part yang dibuat atau dimodifikasi mirip franchise diluar Bandai, maka Anda akan terkena diskualifikasi.

• Rencanakan proses repaint diawal agar hasil repaint sempurna. Proses repaint yang tidak terencana akan beresiko menghasilkan part salah warna ataupun warna yang tidak sesuai.

PAINTING

Hasil cat merupakan kategori kedua yang dinilai dalam GBWC.

• Banyak builder yang merasa painting merupakan satu-satunya hal terpenting yang dinilai dalam GBWC. Ada anggapan bahwa semakin mulus hasil repaint, maka penilaian akan lebih baik. Maka dari itu banyak builder hanya mengejar hasil dari airbrush saja. Hal ini memang benar pada satu sisi. Tapi tidak selalu. Pemenang juara 1 GBWC dari Thailand tidak menggunakan airbrush pada kitnya, melainkan hanya menggunakan handbrush saja.

• Jika Anda belum pernah melakukan proses repaint, pilihlah grade HG dan repaint sesuai warna aslinya untuk memulai. Warna berbeda tidak selalu memberikan nilai plus dalam penilaian juri.

• Pastikan ketika repaint hasil bersih dan rata. Dalam artian tidak ada permukaan yang tiba-tiba tidak rata dikarenakan debu atau frosting.

• Jika menggunakan decal, disarankan menggunakan water decal atau dry decal agar hasil rapi. Decal yang biasanya terlihat seperti stiker akan mengurangi nilai. Ketika menggunakan water decal, pastikan menggunakan mark setter dan mark softer agar decal dapat rata dan tampak menyatu dengan part.

PRESENTATION

Hasil presentasi dengan ambience yang cocok juga akan meningkatkan penilaian.

• Rencanakan pose kit yang akan dipajang semenarik mungkin. Anda bisa mencari referensi paling mudah dari manual box dan box kit tersebut. Sumber lainnya dari manga ataupun anime. Pose yang kaku akan terlihat aneh dan canggung.

• Base atau diorama juga dapat menjadi sentuhan yang baik untuk membuat kit Anda tampak menonjol. Pastikan membuat diorama atau base yang berkaitan dengan kit. Tampilan yang sederhana tetapi berhubungan dengan kit jauh lebih baik daripada tampilan yang rumit tetapi malah menjadikan distraksi kit utama.